Cara membuat database dan relasi antar tabel pada Mysql Phpmyadmin (Xampp)

Hai sobat pencinta coding.. Salam programmer nusantara dan mancanegara.. Satukan tekad dan niat demi terselesaikannya project agan.. hehe

Kali ini ane mau berbagi tips nech bagaimana cara atau langkah-langkah membuat database (basis data) dan juga relasi antar tabel pada Mysql Phpmyadmin dengan bantuan GUI yang telah disediakan oleh aplikasi.

Aplikasi yang akan digunakan kali ini untuk membuat database adalah Xampp. Xampp sendiri merupakan aplikasi open source atau bebas yang berfungsi sebagai web server. Xampp juga merupakan software kompilasi yang terdiri dari program Apache HTTP server, Mysql database, PHP, dan Perl.

Itu tadi sedikit penjelasan singkat tentang aplikasi yang akan agan gunakan.

Langsung aje ye..

Berikut ini langkah-langkah yang agan harus lakukan untuk memulai pembuatan database.
1. Instalasi aplikasi Xampp pada PC atau laptop agan. Software dapat agan download pada link ini.
2. Setelah instalasi selesai, jangan lupa untuk mengaktifkan modul Apache dan juga Mysql pada Xampp control dengan cara klik start pada action. Klo ga diaktifin ya ga akan bisa masuk aplikasi gan.


3. Buka web browser agan.
4. Untuk mengakses Phpmyadmin, agan ketikan localhost pada address bar web browser agan.
5. Maka agan akan melihat aplikasi dengan tampilan seperti di bawah ini. tadaaa..


6. Klik Phpmyadmin
7. Kemudian agan pilih new, input nama database, dan klik create.


8. Kemudian klik nama database yang sudah agan buat. Selanjutnya input nama tabel dan juga berapa banyak jumlah field yang diinginkan agan bukan keinginan ane ye.. serius amat bacanya.. hehe.. Ok lanjut..


9. Tentukan name (nama field), type (tipe data), dan pilih salah satu field sebagai primary key pada kolom index. Jangan lupa klik save.

10. Buat satu lagi tabel dimana tabel yang satu ini akan direlasikan ke tabel sebelumnya dengan syarat agan harus menambahkan field yang sama sebagai kunci tamu atau bahasa kerennya foreign key dan menentukan salah satu fieldnya sebagai primary keynya ya.

11. Kemudian kalau agan udah beres semua dalam pembuatan tabel. Klik kembali nama database yang sudah agan buat bukan nama database punya ane. ☺

12. Pada menu more pilih designer. Maka akan ditampilkan tabel yang sudah agan buat.

13. Pada fitur toolbox pilih create relationship lalu pilih field primary key lalu hubungkan dengan field yang menjadi foreign key atau agan bisa juga membuat relasi antar tabel dengan menggunakan query :

alter TABLE tb_user add foreign key (id_level) REFERENCES tb_level(id_level);


Terima kasih atas kunjungan agan-agan dan semoga ilmu yang dipelajari hari ini bermanfaat
Amin.. ☺



Comments

Popular posts from this blog

Cara membuat database dan relasi antar tabel pada Mysql Sqlyog enterprise

Cara membuat java class koneksi pada netbeans